Rabu, 25 Februari 2015

Machu picchu dari Padalarang Bandung, parade Megalitik yang menawan

Sekilas terlihat seperti machu picchu

Bandung ketika mendengar kata tersebut biasanya orang mengetahui dengan sebutan paris van java dan tempatnya orang-orang jakarta sampai dari malaysia untuk menghabiskan uangnya untuk berbelanja pakaian di factory outlet dan berwisata kuliner. Stone garden yang terletak di kawasan konservasi arkeoligi dan berdekatan di atas goa pawon, ketika datang kesana dikelilingi oleh penambang batu kapur di daerah togug apu, padalarang, kabupaten bandung barat. hamparan batu-batu yang sangat besar membuat kita takjub akan keindahan batu-batu yang dinamai stone garden "Bukan Batu akik yang sedang ngetrend saat ini". stone garden bisa menjadi salah satu wisata alternatif. wisatawan dari laur bandung biasanya mengunjungi Tangkuban perahu, Situ Patenggang dan Ciwidey.  Menurut carita warga sekitar pada jaman dulu Hamparan batu ini terbentuk dari danau purba pada zamanya dan terletak di atas goa Pawon. dan jika kalian masuk ke dalam goa pawon dan melihat ada fosil kerang dan biota laut yang sudah membeku itu karena pada zaman dahulu terhampas danau yang sangat luas.


Untuk sampai ke 

STONE GARDEN

Berpose di atas batu


Terletak di daerah padalarang sekitar 1-2 jam dari kota pusat kota bandung jika menggunakan mobil kalo gak macet, tapi kalo lewat Tol paling kurang dari 1 jam perjalanan. berhubung mahasiswa kita lebih suka mengendarai motor karena jalanan kesana kita sudah tau macet dan panas jadi ya kalo naik motor bisa nyalip-nyalip dan cepet sampai. dengan jarak tempuh sekitar 38 Kilometer memakan waktu sekitar 1 jam saja. gue saranin berangkat di pagi hari karena jika sudah siang cuaca disana sangat menyengat. 

stone garden dan Goa pawon ini terletak di desa citatah kita bisa melihat batu alam di sepanjang perjalanan, kalo kita dari arah bandung liat aja di kanan jalan nanti ada tulisan di Gapura "selamat Datang" ke Goa Pawon. masuk aja sampe ke dalam nanti ada petunjuknya. parkiran di Goa pawon ini cukup luas jadi sudah ada perawatan dengan baik, tiket masuk ke Goa Pawon cukup membayar 5.500 aja.

Untuk sampai ke Stone Garden kita melewati jalan setapak yang pastinya jangan pake sepatu yang tipis soalnya lumayan kalo kesandung hahahaha~ jarak yang ditempuh juga gak terlalu jauh sekitar 10-15 menit untuk sampai ke stone garden dan sebelum masuk ke stone garden kalian di haruskan membayar 3000 rupiah.

Tips berwisata ke 

STONE GARDEN
 


Dari lokasi parkiran untuk sampai ke bukit jaraknya gak terlalu jauh dibutuhkan sekitar 15-35 menit dengan berjalan kaki melewati batu-batu kecil yang cukup menantang untuk kita lewati dan bisa dibilang cukup berat.

Peralatan yang harus dibawa untuk treking ke Stone Garden :

  1. Baju lengan panjang yang tidak terlalu tebal.
  2. payung di kepala yang unyu-unyu.
  3. Topi
  4. Sepatu Treking
  5. Air mineral

Mungkin akan terasa melelahkan ketika kita treking tapi akan terbayar dengan keindahan alam yang berada disana hamparan gunung batu yang begitu luas dan panorama sepanjang penglihatan mata kita memandang. waktu-waktu terbaik untuk mendapatkan pemandangan awan biru yang sangat eksotik pada jam 9-11siang dan gue saranin kalian turun pada jam 12 siang untuk saat ini ada beberapa warung-warung kecil untuk tempat berteduh tapi kalo berlama-lama disana bisa bikin kepala kita ngebul saking panasanya HAHAHA~


Pengelolaan wisata  

Stone Garden


Puncak Stone Garden
Pengelolaan tempat wisata ini sendiri dikelola oleh warga sekitar dari warung di sekitaran bukit di stone garden sampai pengelolaan lahan parkiran. kondisi jalan yang kurang baik seperti bebatuan yang masih banyak membuat perjalanan sedikit merepotkan pengguna jalan apalagi pada saat musim hujan banyak orang yang tergelincir karena licinnya tanah dan bebatuan di jalan raya Tagog Apunya.
Tapi gue sendiri berani menjamin keindahan awan di stone garden ketika kondisi yang sangat bagus jika beruntung yaa HAHAHA~ dan hamparan bebatuan yang sangat luas.



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ENJOYBACKPACKER | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top