Minggu, 15 Maret 2015

Bertemu si Bolang dari Pulau Samosir


Bunga dan Mawar


Siang hari tengah bolong di Pulau samosir Danau Toba, Sumatera Utara.


Sebut saja dia mawar dan bunga. Waktu itu mereka sedang berlari mengejar kerbau yang sedang diam !!! “mungkin mereka sedang lelah mengejar kerbau yang sedang asik makan dibelakangnya” sampainya di pulau samosir jam 1 siang gue langsung bergegas menyewa motor ntah kemana arah dan tujuannya yang penting mengelilingi pulau Samosir. Ada banyak destinasi wisata di pulau samosir seperti pemandian air panas, menara pandang tele, museum sigale-gale dan makam si raja sidabutar, Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Karena waktu itu gue hanya sehari di pulau samosir terpaksa hanya menyewa motor 4 jam untuk keliling pulau samosir.

Sebelum ngeksplore pulau samosir gue bakal ngulas kenapa kok pulau samosir bukannya danau toba??? Pulau samosir ini adalah sebuah pulau vulkanik nah tepatnya ada di tengah-tengah danau toba di provinsi Sumatera Utara. Memiliki ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut menjadikan pulau samosir menjadi buruan destinasi para treveler.

Terdapat 2 lokasi yang banyak dikunjungi sama turis yaitu Tuktuk dan Tomok. Kalo mau ke Tuk-tuk bisa naik fery dari tigaraja dan kalo mau ke tomok bisa melalui pelabuhan ajibata kalo kalian salah naik fery paling ya jalan dari tuktuk ke tomok disana gak ada angkot alternatif paling baik dan menyehatkan adalah “JALAN” Cuma 3km palingan. Untuk bisa ke pulau samosir terdapat 2 jalur penghubung kalo dari ajibata dan tigaraja itu melalui fery dengan melewati air, kalo mau lewat darat bisa melalui panguruan yang secara langsung pulau Samosir dan pulau Sumater berhubungan.

Tuk-Tuk
Penginapan yang paling banyak dikunjungi di Danau Toba biasanya ke Tuk-Tuk ada banyak penginapan disini dan viewnya juga asik kaya penginapan Caroline dan Sibigo harga penginapan mulai dari 120.000 sampai 800.000 kalo lagi high season. Karena waktu itu di sibigo lagi sepi pengunjung dan yang ngniep Cuma gue sendiri akhirnya di kasih harga sama yang empunya 100.000. tapi ini juga rekomended bagi kalian yang mau berkunjung ke Danau Toba.

Sibigo Hotel

Gak jauh penginapan sibigo ada jasa penyewaan motor harga perharinya mulai dari 40-60 ribu gimana nego sama si empunya, paling banyak si motor matic yang di sewain karena modal ngegas aja udah bisa jalan motornya dan bule bule juga lebih bahagia naik motor matic.

Waktu menunjukan jam 1 siang perjalanan dimulai dari hotel sibigo gue langsung menuju Tomok untuk melihat makam Raja Sidabutar ternyata kalo naik motor dari Tuk-Tuk ke Tomok Cuma 5 menit cukup, di makam Raja Sidabutar cukup banyak dikunjungi sama anak sekolahan yang sedang study tour kebanyakan si olang cina. Naik ke atas dikit udah bisa liat Sigale-gale buat ngeliat pertunjukan tarian Sigale-gale para wisatawan dikenakan biaya 80 ribu.

Sigale-gale

Setelah mengeksplore Tomok, gue langsung menuju air terjun ke arah Danau Aek Natonang setelah naik motor sekitar 20 menit menuju atas bukit gue bertemu 2 anak kecil yang sedang lari-larian, karena mereka lucu dan menggemaskan gue langsung panggil mereka nah penyakit gue adalah suka lupa nama orang jadi gue kasih nama “mawar dan Bunga” HAHAHAH maapin abang ya dek :D

“dek lagi ngapain” sapa gue *sok kenal

“main kak sambil gambar-gambar di buku tulis” mereka

“buku tuliskan buat di tulis-tulis bukan di gambar-gambar?sayangloh nanti abis” gue

“aku mau belajar tulis kak tapi gak ada yang ngajarin, mamak sama bapa gak bisa ngajarin aku, jadi 
ya aku gambar-gambar aja deh”

“yaudah nanti kalo kaka kesini lagi kaka ajarin deh nulis sama baca”

“Okeeee kak dengan senyum gembira dan penuh tawa”

“okeeee tunggu kaka kembali lagi yaa :D hihihi ~ sebelum kaka pergi lagi kakak mau foto kamu nih”

“1……. 2…… 3….. pose hormat menjadi andalan mereka, selesai foto”

Kaaaaaaak, apaa? Minta duit dong 50 Ribu. *Gubraaaaaaaak, gue gak bawa dompet dipalakin”dasar anak-anak hahaha~

Tips buat kalian yang mau ke Danau Toba


Pulau samosir ini suhunya cukup dingin malah dingin banget pas malem hari kadang kalo udah siang suka berkabut juga jadi siapin baju hangat.
Sediain makanan seperti roti dan snack buat malem, cuaca dingin biasanya bikin laper

Buat yang suka belanja di Tuktuk sading banyak kerajinan tangan kaya kain ulos cindramata, patung dll.

9 komentar:

  1. Kalo kesana lagi titip salam buat bunga dan mawar yaa...

    BalasHapus
  2. Kenapa gak langsung diajarin ajaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma sehari di samosir :(( waktu itu mepet mau ke SUMBAR. yuk kapan kapan kita ajarin mereka baca dan tulis hehe

      Hapus
  3. Bunga dan mawar macam nama samaran di pos kota saja hehehe. Btw aku blm ke samosir dan itu kadang bikin saya sedih hua hua

    BalasHapus
  4. Aku nggak percaya mereka panggil Kakak. Yang biasa Abang kali ya. Orang Batak nggak pernah nyebut cowok dengan sebutan Kakak. Kakak hanya untuk panggilan ke cewek2. Curiga yang nulis mirip kakak2 kali ya. *plaak....dipecut buntut kerbau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakssss kak lina kejam, jadi mirip ce gitu maksud nya ??? #Kaburrr

      Hapus
    2. mereka saya sogok kak lina, supaya manggil saya kakak, kalo manggil abang nanti di sangka mau ngojeg di danau toba lagi HHAHAA~

      Hapus

Copyright © ENJOYBACKPACKER | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top