Sabtu, 08 November 2014

Makanan khas kota Bandung yaa Soerabi

Siapa sih diantara kalian yang gak tahu dengan Soerabi? Yap! :D soerabi merupakan makanan ringan khas Jawa Barat yang hampir serupa dengan pancake hahaha. Soerabi terbuat dari tepung beras yang dicampur santan serta diolah dengan cara dibakar dan dipanggang diatas arang. Soerabi dapat disajikan dengan berbagai banyak pilihan topping atau rasa.


Di Bandung sendiri terdapat banyak sekali tempat yang menjual soerabi. Harganya pun bervariasi. Semua tergantung rasa kalian yang pesan dan juga tempat yang kalian pilih :D Untuk pilihan rasa kalian gak perlu takut, soerabi gak melulu harus dinikmati dengan rasa yang manis, soerabi tetap nikmat kok biarpun dengan rasa asin sekalipun. 
Bagi kalian yang menyukai rasa manis, kalian dapat memesan soerabi keju, coklat, stroberi, nangka, pisang, duren, bahkan hingga es krim dengan berbagai rasa. Tapi jangan khawatir, untuk kalian yang tidak menyukai rasa manis, kalian dapat memesan soerabi telur, oncom, ayam, sosis, abon, dsb. Soal harga? Biasanya sih range harganya dari mulai 5000-20000. Murah banget kan ya? Cocoklah untuk kantong mahasiswa, baik itu kantong awal bulan ataupun akhir bulan hahaha ya gak? Bener kan :p
Soerabi Cokelat Keju Susu
Soerabi Oncom Sosis Telur Keju Spesial
Hayoooooo! Gimana gimana? Baru ngeliat gambarnya beberapa detik aja udah ngiler kan? hahaha. Soerabi emang cemilan yang juara bangetlah dari segi rasa dan harga, selain itu soerabi juga termasuk cemilan yang cukup mengenyangkan. Itulah kenapa soerabi menjadi tujuan yang gak boleh terlewatkan bagi para pelancong yang sedang berlibur ke Bandung.
Untuk tempat makan soerabi yang enak, ada 1 tempat rekomendasi nih yang cucok bagi kalian yang ingin sekalian kongkow-kongkow. Tempatnya terletak di daerah Setiabudi, Bandung. Nama tempatnya yaitu Waroeng Setiabudhi (WS). Memang sih dari segi harga agak sedikit lebih mahal ketimbang tempat serabi yang ada disekitarnya juga, tapi cukup worth it lah, karna dari segi rasa, soerabi yang ada disini lebih tebal dan rasanya juga pas, soerabinya dibakar dengan matang dan meresap, pilihan rasanya juga banyak dan enak-enak. Selain itu tempatnya sendiri juga menyediakan live music dan entah kenapa setiap kesitu tuh bawaannya betah aja gitu, padahal ya setiap kesitu pasti selaluuuuuuuuu aja rame dan harus ngantri beberapa puluh menit untuk menikmati soerabinya. Mungkin disini kali ya letak kenikmatan tambahannya? hahaha naon deh -_-
Waroeng Setiabudhi Bandung
Proses Pembuatan Soerabi terletak di bagian depan Waroeng Setiabudhi :D

Live Music - Waroeng Setiabudhi Bandung

Tah eta! WS Bandung memiliki keunikan dan nilai plus tersendiri. Pertama, untuk proses pembuatan soerabi langsung dipajang dibagian depan waroengnya. Jadi pas masuk langsung disambut suasana hangat nan nikmat ditengah cuaca kota Bandung yang dingin hahaha. Kedua, WS menyediakan live music. Jadi kita bisa menunggu soerabi datang sembari menikmati suara-suara penyanyi asli Bandung yang suaranya kece-kece macam Ariel Noah & Charlie ST 12 :p Ketiga? Apa hayoooo hahahah yang ketiga yaudah langsung aja deh datengin biar gak penasaran :D Pokoknya gak bakalan nyesel deh, yang ada malah pengen balik lagi.
Soerabi mah emang gak bakal ada matinya cyiiiiin. Dari masa ke masa soerabi terbukti berhasil menjadi makanan khas daerah Jawa Barat yang terus eksis dan menjadi makanan yang dirindukan oleh para pelancong maupun warga Bandung sendiri. Soerabi Bandung juga sekarang semakin beredar di kota-kota lain, misalnya saja di Jakarta & Depok. Sekarang bagi warga Jakarta & Depok yang sedang rindu dengan soerabi dapat mencarinya ke Soerabi Enhai yang terdapat di daerah rawamangun, radio dalam dan juga margonda.
Yuklah yang belum coba, langsung aja cari tempat terdekat yang jual soerabi hahaha. Malu atuhlah hari gini belum nyobain makanan khas Jawa Barat yang satu ini :p

Selamat mencoba! :D

2 komentar:

  1. Kalau di sini biasanya masak surabi ketika ada yang meningggal dunia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah baru tau :O surabinya serupa dengan surabi bandung atau gimana tuh?

      Hapus

Copyright © ENJOYBACKPACKER | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top