Kamis, 26 Maret 2015

wanita CANTIK dari DESA SADE, LOMBOK



desa Sade, Taken by Joyce

Lombok, Nusa Tenggara Barat. sampenya di rumah singgah jam 9 pagi gue udah di culik oleh teman-teman yang sedang asik merencanakan ke tempat tujuan berikutnya buat ngeksplore lombok Tengah. perjalanan panjang dari Bima dan gak tau apa yang harus dilakukan ketika nyampe di Rumah Singgah bermodalkan muka plenga plongo biar di liat anak ilang dari Negri antah berantah dan itu berhasil HAHAHAHA~


Lombok gak cuma memiliki Objek wisata alam seperti pantainya yang Indah dan panorama Gunung Rinjani yang memikat mata Dunia untuk bisa sampai Puncak Gunung Rijani, jika kita eksplore Wisata Lombok lebih jauh mata kita akan tertuju kepada suatu dusun di desa Rembita, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan ada suku sasak. Suku Sasak Sade dan Sudah terkenal di telinga wisatawan yang datang ke Lombok.

Alat Tenun yang digunakan oleh para penenun, taken by Joyce
Kain tenun merupakan salah satu kerajinan khas Indonesia, kain yang dihasilkan adalah kain Batik dan beberapa tahun yang lalu Batik hampir di klaim oleh Negara tetangga, banyak kegunaan dari kain tenun atau kain yang dihasilkan dari tangan-tangan pengrajin bisa dipakai untuk bahan pakaian, sarung dan yang lainya.

Kain yang dihasilkan oleh pengrajin. taken by joyce
Rute menuju Desa Sade cukup mudah, kalian yang mau mampir ke Desa Sade dengan mengambil jalur dengan Tanjung Aan dan Pantai Kuta. jangan kaget ketika kalian masuk ke desa Sade akan melihat wanita-wanita cantik seperti di bawah ini :D

Pengrajin kain tenun dari Desa Sade. taken by joyce
kenapa gue bilang CANTIK karena wanita cantik itu bisa memelihara kesehatan Tubuhnya, maksudnya cantik dalam arti SEHAT gitu, ntar gue di bilang penyuka wanita paruh baya lagi -__-" wanita-wanita cantik ini akan menyambut kalian dengan senumnya yang khas dan mempesona, hati-hati kepikat yaa HAHAHAHA~ sambil menenun kain dengan tanganya yang lembut dan lemah gemulai dan yang lihai ketika kita melihatnya bisa membuat ADUHAAI~ hahaha.



Bisa dibilang, Sade adalah cerminan suku asli sasak Lombok, walaupun program dari masyrakat dan lembaga sekitar sudah masuk tetapi Desa Sade masih menyuguhkan suasana perkampungan asli pribumi Lombok.

Hal itu bisa kita liat dari bangunan rumah yang terkesan sangat tradisional. atapnya dari ijuk, kuda-kuda atapnya memakai bambu tanpa pake, tembok dari anyaman bambu, dan beralaskan tanah. Orang sasak sade memberi nama itu dengan sebutan 'Bale' nama ini bukan terinpirasi dari pemain bola ya, kalo terinpirasi nanti Pentungan masjid di kasih nama RONALDO lagi WKWKWKKW~

Ada beberapa hal unik yang gue temuin di Desa ini, yaitu mengepel lantai dengan menggunakan kotoran Kerbau. nah asal mulanya si karena pada jaman dulu nih belom ada yang namanya semen Gresik atau semen Padang yang nyampe ke Lombok jadi orang sasak sade mengoleskan kotoran kerbau di alas Rumahnya. nah berhubung udah mulai modern ada beberapa yang udah pake semen. kalo kata si ibu ibu cantik itu si dengan cara begitu lantai rumah jadi terasa Hangat dan terhindar dari serangan NYAMUK.

dan dengan pake kotoran kerbau lantainya gak BAU asli deh, dan dari sini gue meyakini orang asli pribumi LOMBOK emang Jenius dan Pintar!

3 komentar:

  1. Desa Sade sepertinya menjadi destinasi wajib yang dikunjungi saat ke Lombok nih, temen2 saya juga pas ke Lombok menyempatkan diri kesana. Tapi saya sendiri kapan ya ke Lombok, haha


    Salam
    Backpangineer.com

    BalasHapus
  2. aku pernah ke Sade ini, duluu banget. pengen balik lagi ke sana sambil terus ke pantai Kuta..

    BalasHapus
  3. lombok memang tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, apalagi kita juga bisa mengetahui kebudayaan disana, bisa melihat rumah-rumah adat dan lainnya..

    BalasHapus

Copyright © ENJOYBACKPACKER | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top