Selasa, 17 Maret 2015

Finding nemo undersea Pahawang Island, Lampung


Ikan Nemo taken by zaky
Apa sih ikan nemo itu??? Kenapa kalo lagi snorkling mau nemuin ikan yang satu ini???Apa karena korban nonton film waktu jaman masih masa-masa bahagia “finding Nemo movie” yang dirilis tahun 2003 dan sampai sekarang masih sering kita lihat dibeberapa stasiun TV.

Kalo di indonesia sendiri ikan yang satu ini punya sebutan ikan badut atau ikan giru, tapi banyak orang lebih mengenal dengan sebutan ikan badut. nah di alam bebas seperti surga bawah laut indonesia ini mereka bersimbiosis dengan anemon laut. Si anemon itu akan melindungi ikan badut yang lucu dan menggemaskan dari pemangsa dan ikan badut bakal ngasih service ngebersihin anemon dengan memakan sisa-sisa makanan. Pas gue snorkling di sabang mereka selalu berdua dan gue snorklingnya sendiri *disitu kadang saya merasa sedih :((((((

Ada banyak jenis warna si ikan badut yang satu ini ada yang warnanya kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Sampe yang pernah ditemuin spesies terbesarnya mencapai 18 cm tapi kalo yang standar biasanya 6cm.

Ikan nemo suka jalan-jalan



Petualangan marvin, seekor anak ikan badut di film finding Nemo, itu beneran apa engga?nah ada sebuah penelitian dimana bayi ikan badut melakukan perjalanan sampai 400 kilometer WHATTTT -__- dia emang perenang yang handal padahal ukurannya yang kecil dan menggemaskan ngebuat ikan yang hanya berukuran 6cm-18cm bisa menempuh perjalanan sejauh itu Coooooooool~
Ikan badut dan ikan nemo adalah ikan yang berukuran kecil dari familia pomacntridae.

Anemon itu sejenis apa ya???

Anemon Taken by zaky

Anemon adalah hewan laut termasuk terumbu karang, kita bisa menemui anemon di celah-celah karang dan subtrat berpasir. Lebih dari seribu spesies yang tersebar di seluruh perairan laut di dunia. Dari sekian banyak spesies tersebut, tidak semua menjadi habitat bagi ikan nemo. Hanya terdapat beberapa sepesies ikan ini dapat didiami ikan nemo. kaya jodoh dari sebagian pria dan wanita belum tentu cocok kalo di paksa disatukan EAAAAAAA~ curhat dikit ah wkwkwkw.

Hati-hati jika kalian snorkling dan melihat anemon, anemon memiliki racun yang disematkan di tentakelnya yang menjadi senjata dari predatornya. jangan sembarangan buat megang tentakelnya, kadar racun masing-masing anemon berbeda-beda, tergantung jenis anemonya sehingga clownfish tidak dapat hidup disemua jenis anemon. kalo mau nyobain megang tentakelnya bisa juga ya paling kulit bakal terasa seperti tersengat dan melengket di tentakel anemon. yang parahnya si beberapa jenis anemon seperti heteractis aurora mempunya kadar racun yang tinggi, sehingga jika tersengat lapisan kulit bagian luar maka kulit akan seperti terbakar jadi Jangan sembarangan buat megang biota laut jika lagi diving atau snorkling.

Jalur yang ditempuh ikan nemo mencapai 400 kilometer

Ikan giru atau ikan badut pahawang island, taken by zaky 


Dia adalah Stephen D. Simpson, pakar biologi kelautan dari University of Exeter inggris, bersama tima yang telah melakukan sebuah penelitian terkait kemampuan jelajah ikan badut (ikan nemo). Penelitian ini juga diambil dengan DNA sirip ikan badut kemudia melepaskan kembali kelautan. HASILNYA!!! Peneliti menemukan DN ikan badut pada terumbu karang yang berjarak hingga ratusan kilometer dari tempat pertama ditemuka.

Peneletian berjudul Long-Distance Dispersal via Ocean Currents Connects Omani Clownfish Populations throughout Entire Species Range tersebut dipublikasikan di PLOSE ONE (www.plosone.org), 17 September 2014.

Ikan nemo terancam punah :(

Ikan nemo termasuk dalam kategori ikan hias yang bernilai ekonomis. ikan hias ini saking lucunya diperdagangkan bahkan di ekspor sampai ke luar Negeri. kalo ini dibiarkan gue ikut prihatin karena gara-gara uang alampun di korbankan, padahal logikanya kalo alam rusak orang-orang tidak bisa hidup dengan nyaman, ikan badut ini tersebar dibeberapa wilayah indonesia, dan beberapa spesies ini terancam keberadaanya akibat eksploitasi yang berlebihan. ikan yang beraktifitas di siang hari ini, sangat mudah ditemukan tanpa harus susah payah menyelam sampai kedalaman 10 meter, seperti di pulau pahawang lampung dengan jarak 2 meter kita sudah bisa menikmati keindahan dari ikan nemo. dan jika kalian beruntung dibeberapa tempat seperti akuarium laut, perkantoran sekalipun kalian bisa melihat dengan biota laut lainya.

Gimana cara buat ketemu ikan nemo yang satu ini?

Kalo tempat paling deket dari jakarta sih ya paling kita nyebrang ke pulau pahawang yang ada di lampung, untuk aksesnya gampang dan mudah banget kok. Tinggal naik bus jurusan jakarta-merak. Setelah dari pelabuhan merak kita nyebrang ke pelabuhan bakaheuni perjalanan di tempuh sekitar 1,5 jam – 2jam paling lama.

Dari sana banyak penyedia jasa travel yang siap mengantarkan kalian ke pulau pahawang, tapi kalo gak mau ribet bisa ikut dengan open trip yang ada di jakarta. Harga yang ditawarkan oleh jasa open trip sangat beragam.

Snorkling Bareng Nemo
Special price for Treveler
Telp : +62 821 1930 8494
Everytime you can go with your friends :D


7 komentar:

  1. Wahhh cakep banget nemonya hehe...nice shot.

    www.littlenomadid.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Eh serius tuch nemo bisa berpindah sampai 400 km ???? yg gw tau nemo cuman disitu2 doang hahaha. Dan waktu ke pahawang juga gw ketemu banyak nemo hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut penelitian si begitu, gak kaya jodoh cuma disitu situ doang wkwkwkw

      Hapus
    2. Oh jadi situ cari jodoh gitu ??? trus susah move on jadi disitu2 aja hahaha

      Hapus
  3. Keren foto underwaternya, pingin juga hunting photo underwater dan aku update di blogku

    BalasHapus
  4. di pulau tuan kemarin sempat ketemu juga bang, walaupun ikannya masih belum terlalu bersahabat dengan manusia :D

    BalasHapus

Copyright © ENJOYBACKPACKER | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top